Wednesday, January 8, 2014

Untuk yang menyukai membaca pasti ada satu titik ketika kita juga ingin menciptakan dunia rekaan kita sendiri, mencicipi rasanya menjadi "Tuhan" yang memiliki kuasa penuh menentukan jalan hidup dan dunia yang kita ciptakan. Maka dari itu kita mulai menulis... Awalnya hanya sekedar tulisan acak yang tak beraturan untuk kita nikmati sendiri, seiring dengan mulai membaiknya tata-bahasa dan tulisan kita, kita pun ingin tulisan kita dibaca orang lain, untuk dikritik dan dipuji. Dari krikitikan dan pujian itu kita belajar untuk menulis yang lebih baik. Apalagi dengan merebaknya media sosial yang memberi kita fasilitas yang sangat mudah untuk menyebarkan tulisan kita...

Rebecca Green Ilustration. Gambar diambil di sini

Untuk itu kami mengajak kalian semua untuk sama-sama belajar menulis dengan cara menyusun kisah dari potongan kalimat yang terdapat pada buku. Untuk bulan ini, kami yang akan menentukan kalimat yang mana dan dari buku apa yang akan kita susun menjadi sebuah kisah. Untuk bulan selanjutnya, akan kami undi peserta yang ikutan untuk menentukan kalimat yang mana pada buku apa yang akan kita buat sebuah kisah. Oh ia program belajar menulis ini kami beri nama, #1bulan1kisah. Menarik bukan? Yuk ikutan! Mari kita sama-sama menyimak ketentuannya:
  • Kalimat yang telah ditentukan WAJIB ada di tulisan kalian. Letaknya bebas, boleh di awal, tengah, mau pun akhir kalimat. Kalimat tidak boleh dipisah!
  • Min panjang tulisan adalah 500 kata.
  • Tulisan berupa fiksi.
  • Tulisan diposting di blog (blogspot, worldpress, tumblr, dll). Jika tidak memiliki blog boleh posting di notes FB kalian. Link postingan di setor di Mr. Linky di bawah ini dan juga men-twit @KlubBuku_MKS dengan format: #1bulan1kisah-Judul Postingan-link-@KlubBuku_MKS.
  • Wajib memfollow @KlubBuku_MKS
  • Di akhir postingan sertakan; "Postingan ini diikut sertakan pada #1bulan1kisah" dengan link menuju ke sini
  • Berlangsung sebulan, mulia dari hari ini. Setiap bulan tanggal 8 akan ada kalimat baru yang akan kami posting.
  • Setoran link terakhir pada tanggal 7 di bulan berikutnya.

Sayangnya untuk program kali ini kami tidak menyediakan hadiah ^^
Hanya sekedar program untuk sama-sama melatih kemampuan menulis. Tetapi tidak ditutup kemungkinan akan ada hadiah-hadiah kejutan... nantikan saja ya.
Atau mungkin ada yang ingin menjadi sponsor? Kami tentunya akan sangat senang dengan perihal tersebut ^^

Baiklah kalimat yang akan kita susun untuk menjadi kisah adalah:

"Sesuatu yang terasa seperti saat tertentu senjakala, ketika cahaya berwarna misterius membangkitkan kenangan istimewa."


Kalimat itu berasal dari 1Q84 Book 3 karangan Haruki Murakami halaman 288.

Selamat menulis \(^O^)/






3 comments: